Pusdiklat Kemenag Latih ASN Kelola Majalah Dinas

By Admin

nusakini.com--Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI menggelar Pelatihan Pengelolaan Majalah Dinas. Kepala Pusdiklat Mahsusi mengatakan optimalisasi pengelolaan majalah penting dalam rangka mengefektifkan publikasi kinerja Kementerian Agama. 

“Kenapa harus ada publikasi, karena sejatinya ilmu dan kebaikan harus disebarkan,” kata Mahsusi, di Bogor, Rabu (25/10). 

Mahsusi berharap publikasi yang dilakukan tim Kemenag dapat lebih ditingkatkan dan diperhatikan. Selain publikasi cetak melalui majalah dan jurnal, juga publikasi melalui media online dan media sosial. “Dari yang cetak dapat dibuat versi digitalnya dan diupload ke media online seperti website, sehingga dapat menjangkau khalayak yang lebih luas dan lebih tepat guna,” pesannya. 

Mahsusi juga minta agar kualitas terbitan lebih baik dari sebelumnya, mulai dari ketepatan waktu hingga kualitas informasinya, sehingga majalah dinas bisa menjadi model 'benchmark' dan referensi bagi semua unit kerja di Kementerian Agama atau lembaga lainnya.  

"Saat ini, saya dukung jika ada yang siap belajar ke unit kerja lain yang menjadi juara di bidang publikasi, seperti Kanwil Kemenag Sumatera Selatan. Tapi, ke depannya saya inginkan majalah dan jurnal Pusdiklat ini yang menjadi percontohan benchmarking unit-unit lainnya," ucap Mahsusi.  

Panitia Diklat, Eva Ainul mengatakan, pelatihan pengelolaan majalah ini diikuti 25 peserta yang terdiri dari widya iswars, Pejabat Fungsional Umum (JFU) dan Pejabat Fungsional Tertentu (JFT), termasuk juga dari Ditjen Pendidikan Islam (Pendis).  

“Kegiatan ini menjadi ajang saling sharing (berbagi) ilmu tekait permasalahan publikasi guna meningkatkan mutu publikasi kedinasan dan menambah kemampuan masing-masing pelaksana kegiatan publikasi kedinasan,” ujarnya.(p/ab)